Peranan Teknologi Dalam Bisnis di Zaman Serba Digital

Peranan Teknologi Dalam Bisnis di Zaman Serba Digital

Pada postingan ini kita akan membahas peranan teknologi dalam bisnis, di zaman serba digital seperti sekarang, teknologi sudah bukan lagi sebagai support untuk bisnis, tetapi berganti menjadi kebutuhan pokok bisnis.

Karena, dengan teknologi kita dapat menjangkau pasar yang lebih luas, realtime, dan mendapatkan informasi lebih cepat. Lalu, kira-kira aktivitas bisnis seperti apakah yang  saat ini bisa dengan mudah dilakukan oleh pelaku bisnis dengan bantuan teknologi.

Baca juga : Apa Itu Website? dan Apa Manfaatnya?

Pertama, Mempromosikan produk atau jasa -Peranan teknologi dalam bisnis

Dengan adanya media, memperkenalkan produk atau jasa dapat sampai ke daerah-daerah berbeda tanpa perlu membayar biaya tiket yang mahal.

Media sendiri dibagi dua, yaitu media online dan media offline. Dalam mempromosikan produk atau jasa, Anda bisa melakukannya pada kedua media tersebut.

Kedua, Membangun dan menjaga relasi bisnis – Peranan teknologi dalam bisnis

Kemajuan teknologi memungkinkan melakukan komunikasi dan kerjasama jarak jauh dengan rekan bisnis, pelanggan, serta investor. Dapat juga melakukan komunikasi online melalui aplikasi online messenger seperti line, whatsapp, dan lainnya.

Bahkan sekarang dapat juga berkomunikasi tatap muka lewat video call seperti skype dan melakukan meeting serta teleconference melalui web seperti MeetingBurner dan Webinar.

Ketiga, Mengontrol jalannya bisnis

Teknologi memberi kesempatan untuk mengawasi bisnis kapanpun dan dimanapun. Saat di dalam kantor, Anda dapat mengendalikan pegawai dengan menggunakan software untuk pengawas jaringan seperti Radmin. Dengan demikian, owner dapat mengetahui kegiatan online pegawai selama di kantor.

Mengendalikan perusahaan menjadi semakin mudah setiap harinya. Tidak hanya di kantor, Anda juga dapat melihat seluruh aktivitas perusahaan selama 24 jam dari jauh dengan aplikasi CCTV yang dapat diakses dari smartphone.

Tidak hanya mengontrol aktivitas perusahaan, dan juga dapat mengontrol proses distribusi produk atau jasa melalui GPS tracking. Pemilik pengusaha dapat juga menghabiskan waktu liburan tanpa memikirkan kondisi perusahaan.

Baca juga : Peranan Teknologi Dalam Bisnis di Zaman Serba Digital

Keempat. Mengelola keuangan perusahaan

Pengelolaan keuangan perusahaan menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi. Jika dahulu membutuhkan waktu berjam-jam di depan mesin tik untuk membuat laporan keuangan, maka sekarang dapat dengan mudah membuat membuat laporan tersebut dengan microsoft office.

Selain itu, dengan bantuan teknologi kita juga dapat membuat dan mengakses laporan keuangan dengan software keuangan dan akuntansi offline maupun online melalui laptop atau smartphone.

Banyak software manajemen yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan Anda. Contohnya, ada software ReadyForZero yang dapat membantu mengontrol jumlah hutang Anda sehingga Anda dapat lebih bijak mengatur keuangan Anda.

Selain itu, ada software akuntansi online seperti Jurnal.id yang dapat membantu membuat berbagai laporan keuangan perusahaan secara instan sehingga dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun saat membutuhkannya.

Kelima, Analisa

Sekarang dapat melihat perkembangan bisnis dari depan layar saja. Hanya dengan menyediakan komputer atau laptop dan memasang jaringan internet, dapat menganalisa aktivitas perusahaan dan masyarakat yang menjadi target jasa atau produk kita.

Saat ini banyak software atau website yang dapat gunakan untuk meneliti kondisi bisnis dan target pasar. Dalam analisis dapat menganalisa jalannya bisnis dengan program aplikasi bisnis seperti oracle dan SAS (Statistical Analysis System).

Melalui program penelitian pasar seperti Metastock, dapat menguji coba strategi bisnis sebelum diterapkan dan mendapatkan data terbaru mengenai statistik pasar.

Selain itu, juga dapat melihat kondisi pasar melalui aktivitas di media sosial melalui software analisis media sosial seperti Sonar Platform. Dengan banyaknya sumber data penelitian yang tersedia, kita  dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan mudah.

Keenam, Menjaga Keamanan Data

Keamanan data perusahaan semakin terjamin dengan adanya teknologi. Data yang awalnya hanya berbentuk tulisan dan mudah rusak sekarang dapat disimpan dalam bentuk file di usb, harddisk, laptop, atau komputer.

Kita juga dapat mem-back up data dan menyimpannya di tempat-tempat berbeda untuk mengurangi risiko kehilangan data. Selain menyimpan secara offline, juga dapat menyimpan data secara online dengan menggunakan cloud storage seperti google drive atau dropbox.

Menyimpan data secara online dianggap lebih aman dan efektif karena risiko data terhapus atau dicuri orang sangat kecil. Hanya Anda yang tahu username, email, dan password akun. Karena itu, kita tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan data.

Baca juga : Website Untuk Bisnis, Apakah Dibutuhkan?

Sekarang Anda telah mengetahui peranan teknologi dalam bisnis. Teknologi tidak hanya mengembangkan bisnis semata, tetapi juga mempersingkat waktu di kantor sehingga dapat mengendalikan perusahaan kapanpun dan dimanapun berada tanpa mengesampingkan keluarga dan kehidupan sosial.

Jadi, sudahkan Anda menggunakan teknologi dengan maksimal?